Thursday 19 September 2013

Presentasi KIMIA

Kelompok 1 :
- Nur Muhamad Iskandar
- Nur Ahmad Fajri
- Catur Setyoko



Ruang Lingkup dan Perkembangan Ilmu Kimia

Ruang Lingkup:
       Ruang lingkup ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari struktur, materi, dan perubahan-perubahan yang dialami materi dalam proses proses alamiah maupun experimen yang direncanakan.
       Contoh perubahan materi : gula pasir termsuk karbohidrat, C12H22O11, berupa kristal putih, mencair biladipanaskan.

Ilmu kimia dapat dibagi atas 2 bagian :
1. Kimia Deskriptif
Merekam karakteristik zat zat yang membedakan satu dengan yang lain, menguraikan kondisi zat itu berinteraksi dan meringkaskan sifat sifat dan kegunaan zat baru apa saja yang dihasilkan.
2. Kimia Teoritis
Menjelaskan mengapa perubahan perubahan itu terjadi, penjelasan tersebut terfokuskan pada tabiat tabiat partikel partikel terkecil dari materi yang terlalu kecil untuk dilihat. Namun banyak yang telah dipelajari darinya lewat pengukuran pengukuran tak langsung.

Perkembangan Ilmu Kimia
    Perkembangan ilmu kimia diawali sejak abad ke 5 dan  berkembang terus sangat pesat karena di dorong oleh adanya perkembangan ilmu lain. Misalnya fisika yang menciptakan alat alat canggih seperti kalkulator dll.
Peranan ilmu kimia tidak hanya pada ilmu ilmu murni saja, tetapi juga pada ilmu terapan, misalnya komputer, kedokteran dll.
Seiring berkambangnya zaman ilmu kimia sangat berperan dalam membantu kehidupan sehari hari :
1.    Dengan bantuan ilmu kimia telah diciptakan alat pencuci darah (haemodialisis) yang sangat membantu para pasien.
2.    Penemuan para ahli kimia dalam mempelajari silikon yang merupakan bahan dasar untuk membuat mikroprosesor, menyebabkan komputer semakin kecil ukurannya dan semakin canggih.
3.    Peningkatan produksi pertanian memerlukan dukungan ilmu kimia. Misalnya, pembuatan bibit unggul dengan rekayasa ginetika, pembuatan pupuk buatan serta pembuatan pestisida.
4.    Penemuan foto berwarna tidak terlepas dari ahli kima dalam pembuatan zat warna yang peka cahaya.

1 comment:

  1. Kak sy mnta cntohnya kimia deskriptif sma kimia teoritis?

    ReplyDelete