Tuesday 19 November 2013

Pendidikan Karakter: 1. Mengenal Diri

Untuk apa Manusia diciptakan?
Manusia diciptakan untuk menyembah Allah SWT. dan diturunkan ke bumi untuk menjadi khalifah dibumi dan menjaga seluruh alam didunia. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan dimuka bumi. Potensi diri saya secara non akademik adalah bermain sepak bola. Tetapi itu hanya dikembangkan hanya sekedar hobby semata. Kelebihan diakademik saya cukup baik, yaitu pada pelajaran menghitung, karena saya suka berhitung dan yang lainnya adalah kimia. 

Pada waktu di SMA saya mulai suka mempelajari kimia secara mendalam, dan selalu mendapatkan hasil ujian yang memuaskan. menurut saya, kelebihan pribadi saya adalah saya tidak banyak omong, baik, akrab, mudah bergaul, sopan, asik, penyabar, dll. Kekuatan yang saya miliki adalah berusaha berdua dan semangat. Karena dalam hidup saya, saya saat ini menjadi harapan terakhir orang tua atau keluarga saya untuk bisa mencari uang yang banyak dan halal. dan saya sudah bertekad dengan diri saya kalo suatu saat nanti saya akan berjanji untuk menaikkan haji kedua orang tua saya dengan hasil kerja saya sendiri. Namun disamping itu, saya juga sangat banyak memiliki kekurangan dalam diri saya. Misalnya seperti, merasa malas, pemarah, tidak jujur dll. saya berusaha kelebihan saya bisa semakin baik dan juga saya bisa terapkan ke kehidupan sehari hari.  dan saya berusaha sedikit demi sedikit untuk mengurangi sifat sifat saya yang kurang baik. setiap malam saya terkadang merenungkan diri untuk mengingat sedikit dimana kesalahan saya pada hari itu dan berusaha tidak mengulangi lagi. dan tentunya saya berusaha setiap hari untuk terus beribadah solat 5 waktu dll agar semua kegiatan di hari hari yang saya jalani bisa lebih berkah dan bermanfaat dan tentunya dijauhkan dari hal-hal yang negatif.
saya berdoa dan berharap semoga bisa menjadi kepribadian yang baik untuk diri saya sendiri, untuk keluarga dan untuk lingkungan saya. terima kasih.

No comments:

Post a Comment