Tuesday 19 November 2013

Pendidikan Karakter: 3. Disiplin

Disiplin itu sangat penting untuk semua manusia di dunia ini. Disiplin akan membuat kita tepat waktu, sigap dan selalu menepati janji-janji yang sudah disepakati.Disiplin bisa dalam bentuk dimana saja, misalnya didalam sekolah, kantor, keluarga, atau tempat – tempat lainnya.

Disiplin akan membuat negara atau diri kita sendiri menjadi lebih berkembang dan lebih maju dari yang lainnya, contohnya Jepang. Dengan disiplin, kita gaakan membuang waktu dan tenaga sia sia. karena menurut istilah, waktu itu adalah uang, jadi kita harus bisa menepati atau tepat waktu dalam melakukan sesuatu apapun. Disiplin akan membentuk kepribadian orang bertanggung jawab, jujur, semangat, dan tegas. Dalam spiritual , khususnya dalam islam mengajarkan untuk bisa solat 5 waktu tepat waktu atau jangan menunda-nunda pekerjaan. Disiplin itu cukup sulit untuk dijalanin, misalnya terkendala oleh macet, malas, cape, dan lainnya.

saya sebagai mahasiswa harus selalu disiplin dalam masuk kelas. Disiplin saya sendiri yang saya jalanin cukup sulit, karena berbagai faktor, seperti macet, dll sehingga banyak  terkadang yang membuat saya datang agak sedikit terlambat. untuk menjadi orang yang disiplin itu adalah dengan cara menghilangkan atau membuang sifat-sifat kebiasaan yang kita alamin sebelumnya agar bisa datang tepat waktu. Saya selalu mencoba untuk datang tepat waktu. walaupun agak telat tetapi saya terus berusaha dan yakin bisa menjadi orang yang disiplin baik dari sifat maupun dari kebiasaan agar menjadi karakter pribadi yang disenangi masyarakat dan tentunya awalnya yaitu dengan mendisiplinkan diri dalam beribadah tepat waktu. Insya Allah suatu saat yang akan terus berjalan bisa menjadi kepribadian yang selalu disiplin, jujur, tanggung jawab dan lain-lainnya.

No comments:

Post a Comment