Tuesday 19 November 2013

Pendidikan Karakter: 4. Tanggung jawab

Tanggung Jawab ialah melakukan sesuatu yang baik dan yang sudah ditanggung sejak awal. kita harus bertanggung jawab terhadap seluruh pikiran, perasaan,ucapan, dan tindakan baik didunia maupun diakhirat.
Tanggung Jawab banyak cara atau bermacam macam tanggung jawab yang bisa kita lakukan terhadap sesuatu. tanggung jawab yang harus dilakukan adalah yaitu menerima “konsenkuensi” dari atas sebab apa yang kita lakukan walaupun itu baik ataupun buruk. Karena dalam hidup ini kita tidak bisa hanya melakukan seaadanya lalu berpasrah diri. tapi yang harus kita lakukan adalah mengambil keputusan dan bertanggung jawab atas apa hasilnya yang diterima nanti dan apabila ada kesalahan kita bisa langsung perbaiki.

Tanggung jawab adalah upaya untuk menyelesaikan hal baik yang telah kita mulai. Tanggung jawab bisa dilakukan dimana saja, bisa disekolah, rumah, kantor, jalan, dll. Contoh tanggung jawab disekolah atau dikampus adalah dengan cara mengerjakan tugas dan apabila dikasih tugas maka harus bertanggung jawab mengumpulkanya. Contoh yang lain yaitu dijalan, apabila kita melakukan kelalaian dengan cara menabrak orang kain, maka kita harus bertanggung jawab utuk mengobatinya dan mengantarkannya ke rumah sakit karena itu kesalahan atas perbuatan diri kita sendiri.
Tanggung jawab ini adalah sifat yang wajib dimiliki setiap orang, termasuk saya sendiri. Apabila tanggung jawab itu tidak ada dikehidupan ini maka kehidupan ini tidak akan dinamis dan tidak akan seperti sekarang ini melainkan seperti masih zaman purba. Karena listrik, dll ini ditemukan dengan cara meneliti dan melakukan experimen yang tentunya harus bertanggung jawab apabila penelitiannya ada masalaha atau gagal.
Saya merasa tanggung jawab itu sudah cukuo baik di diri saya. walaupun ada beberapa yang saya tidak bertanggung jawab tetapi itu hanya hal kecil. tetapi saya selalu berusaha agar bisa bertanggung jawab terhadap hal yang besar dan dalam keadaan yang tidak menguntungkan atau bermasalah. saya akan berusaha tegas dan sigap dengan keputusan saya dan bertanggung jawab atas apa yang saya lakukan, karena saya dimuka bumi ini dilahirkan sebagai khalifah yang tentunya harus bisa membuat keputusan.

No comments:

Post a Comment