Tuesday 19 November 2013

Pendidikan Karakter: 7. Berkepribadian menarik

Berkepribadian menarik menurut saya penting di miliki oleh setiap orang. Dengan tampilan diri anda masing-masing, maka akan terlihat karakter pribadinya. Kita harus memahami bahwa harga diri seseorang sangat dipengaruhi kepribadiannya.  Berkepribadian menarik, rapi, sopan itu yang paling disukai, khususnya dalam dunia kerja.

Dengan berpenampilan enerjik dan menarik maka akan menimbulkan rasa percaya diri yang sangat kuat. Sebagai contoh, jika seseorang cerdas dan ingin melamar pekerjaan, tetapi disaat interview tidak memiliki kepribadian yang menarik tentunya tidak bisa menjamin bahwa dia bisa diterima kerja diperusahaan tersebut. Tentunya selain dalam akademis, dalam interview pun sangat penting dalam melamar kerja. Kita harus menampilkan kesan pertama yangmenarik. Dimulai dengan memilih busana yang bersahaja, bersikap tegar dan penuh sopan santun, pandangan mata yang tajam tetapi teduh dan penuh hormat, gaya bicara yang lugas namun mempesona, dan menampilkan kesan akhir yang positif. Hal-hal ini yang tentunya harus kita pelajari dan kita miliki dalam karakter kita.
Setiap orang memang mempunyai karakter pribadi yang berbeda-beda tetapi itu tidak lepas dari kebiasaan atau karakter yang dia buat secara tidak langsung mencerminkan ke karakter pribadinya. Bahkan ada seseorang yang tidak terlalu pintar tetapi karena dia mempunyai karakter berkepribadian menarik, maka dia lebih disukai oleh orang-orang disekitarnya. Tentu setiap instansi menginginkan karakter yang mereka butuhkan dan inginkan dan karakter berkepribadian menarik seperti itu lah yang mayoritas atau hampir semua perusahaan butuhkan. Maka dari itu, sejak dini sangat baik melatih dan membentuk salah satu karakter yang penting yaitu berkepribadian menarik.
Saya berusaha mulai saat ini untuk mempunyai karakter tersebut agar saya bisa menghadapi dunia kerja nanti setelah saya lulus kuliah. Dan bisa berkembang menjadi kepribadian yang disukai oleh orang-orang disekitar saya.

No comments:

Post a Comment