Tuesday 19 November 2013

Pendidikan Karakter: 5. Perduli

Perduli ialah memberi perhatian atau memberi pertolongan terhadap sesuatu disekitar kita. Perduli bisa dilakukan dimana mana. Perduli terhadap keluarga, teman, hewan, atau lingkungan dan semua yang ada disekitar kita. Contohnya perduli terhadap lingkungan yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya, mengadakan kerja bakti, dll.

Contoh perduli terhadap teman yaitu menolong teman jika sedang kesusahan. Contoh perduli terhadap orang tua adalah membantu tugas-tugas orang tua dan merawat kesehatannya. Contoh perduli terhadap hewan, yaitu tidak menyakiti hewan, memelihara dan merawatnya dengan baik dan menolong hewan tersebut jika dalam keadaan kesusahan dan terluka.
karakter perduli ini sangat penting untuk karakter pribadi diri kita sendiri agar kita sesama makhluk sosial bisa saling membutuhkan dan saling menolong. Dengan karakter ini anda bisa memahami perasaan anda dan orang lain dan juga itu merupakan salah satu kunci agar kita bisa menjadi sukses. dengan sikap perduli ini anda akan disenangi, maka orang lain akan membantu anda, karena anda sebelumnya telah menolong atau perhatian terhadap orang tersebut.
saya berusaha mematangkan sikap ini disetiap kegiatan yang saya jalanin. banyak yang saya sadari kekurangan dalam karakter perduli ini didiri saya. Maka dari itu, saya akan berusaha untuk lebih perduli, minimal perduli terhadap diri sendiri.

No comments:

Post a Comment